ISO 45001:2018

ISO 45001

Standar ISO 45001 adalah Standar Internasional pertama di dunia yang menangani kesehatan dan keselamatan di tempat kerja, serta menawarkan satu kerangka kerja yang jelas untuk semua organisasi yang ingin meningkatkan kinerja manajemen kesehatan dan keselamatan kerja di tempat mereka.

ISO 45001 mengacu pada OHSAS 18001 – tolak ukur pertama untuk kesehatan dan keselamatan kerja- ini merupakan standar baru dan berbeda, dan secara bertahap akan menggantikan OHSAS 18001 selama tiga tahun ke depan. Oleh karena itu organisasi perlu merevisi pemikiran dan praktik kerja mereka saat ini untuk menjaga kepatuhan organisasi.

Apa perbedaan utama dengan OHSAS 18001 ?

Ada banyak perbedaan, tetapi perubahan utamanya adalah bahwa ISO 45001 berkonsentrasi pada interaksi antara organisasi dan lingkungan bisnisnya sementara OHSAS 18001 fokus pada pengelolaan bahaya kesehatan dan keselamatan kerja serta masalah internal lainnya. Kedua standar ini juga berbeda dalam banyak hal lain, diantaranya :

ISO 45001 OHSAS 18001
Berbasis Proses Berbasis Prosedur
Dinamis dalam semua Klausa Tidak dinamis
Mempretimbangkan risiko dan peluang Berurusan secara ekslusif dengan risiko
Memasukan Pandangan pihak yang berkepentiingan Tidak

Poin-poin ini mewakili perubahan signifikan yang terjadi dalam cara mempresepsikan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Kesehatan dan keselamatan kerja tidak lagi “berdiri sendiri”, tetapi harus dilihat dari dalam perspektif “menjalankan organisasi” yang sehat dan berkelanjutan. Walaupun demikian, meskipun kedua standar berbeda dari segi pendekatan, sistem manajemen yang telah ditetapkan sesuai dengan OHSAS 18001 akan menjadi platform yang kuat untuk bermigrasi ke ISO 45001.

untuk informasi dan penawaran lebih lanjut silahkan hubungi kami